October 25, 2024 | Other Activities
Rekapitulasi pengaduan masyarakat yang diterima oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blitar selama tahun 2024 menunjukkan hasil yang sangat positif, yaitu nihil. Selama periode Januari hingga September 2024, tidak ada laporan atau pengaduan yang masuk dari masyarakat.
Hasil ini bisa diartikan sebagai indikasi bahwa masyarakat merasa puas dengan kinerja BPS dan layanan yang diberikan. Ketidakadanya pengaduan dapat menunjukkan bahwa masyarakat merasa nyaman dan percaya terhadap proses yang dijalankan, serta meyakini bahwa informasi yang disediakan BPS akurat dan bermanfaat.
Selain itu, hasil ini juga mencerminkan komunikasi yang efektif antara BPS dan masyarakat. Upaya BPS dalam sosialisasi dan penyampaian informasi mungkin telah berhasil menjangkau masyarakat dengan baik, sehingga mereka memahami tugas dan fungsi BPS serta merasa terdorong untuk berpartisipasi dalam proses statistik tanpa merasa perlu mengajukan pengaduan.
BPS juga bisa melihat hasil ini sebagai peluang untuk lebih memperkuat hubungan dengan masyarakat. Dengan tidak adanya pengaduan, BPS dapat fokus pada pengembangan program-program baru yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, serta terus meningkatkan pelayanan yang ada.
Ke depan, meskipun hasil nihil ini positif, BPS tetap diharapkan untuk menjaga dan meningkatkan komunikasi dengan masyarakat. Membangun platform untuk umpan balik yang lebih interaktif dapat membantu menjaga keterlibatan masyarakat, sehingga mereka merasa lebih terlibat dalam proses statistik dan memiliki ruang untuk menyampaikan pendapat atau saran jika diperlukan. Dengan cara ini, BPS dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan memastikan bahwa kebutuhan masyarakat tetap menjadi prioritas utama.
Related News and Press Release
BPS-Statistics Indonesia
Badan Pusat Statistik Kabupaten BlitarJl. Manukwari
Kelurahan Satrean
Kecamatan Kanigoro
Kabupaten Blitar - Jawa Timur
Indonesia
66171
Email : bps3505@bps.go.id